Cara Membuat Tape Ketan khas Muntilan

Cara Membuat Tape Ketan khas Muntilan Resep Serba Lezatt, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat Tape Ketan khas Muntilan, kami telah mempersiapkan artikel Resep ini dengan sangat baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan resep postingan Artikel Cake and Bakery, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuat Tape Ketan khas Muntilan
link : Cara Membuat Tape Ketan khas Muntilan

Baca juga


Cara Membuat Tape Ketan khas Muntilan

Cara Membuat Tape Ketan Muntilan - Mendengar kata �Muntilan� saya langsung teringat dengan makanan khasnya yaitu tape ketan. Pertama merasakanya saat seorang teman kuliah yang berasal dari muntilan membawakan tape ketan ke kampus. Awalnya saya merasa aneh dengan tampilanya... ini nasi kok warnanya hijau... tapi setelah dirasakan ternyata memang enak, manis segar, ada sedikit ada rasa asamnya. Enak juga ni makanan...hehe..
Tape ketan Muntilan (plus.google.com)
Setelah ngobrol sama sang pembawa tape yang baik hati (soalnya dikasih gratisan sih..) ternyata terbuat dari beras ketan yang difermentasi dengan ragi. Nah sekalian tu saya tanya gimana cara pembuatanya. Dan berikut ini resep cara pembuatanya.

Bahan :

  • 1 kg Beras ketan putih kualitas bagus
  • 600 cc air daun suji (bisa juga mengunakan pewarna makanan)
  • 1 butir ragi tape

Cara membuat :

  1. Pertama cuci beras ketan hingga bersih, kemudian rendam dengan air sekitar 7 jam.
  2. Setelah direndam sekitar 7 jam tiriskan beras, kemudian kukus beras sampai berubah warna, kurang lebih 30 menit.
  3. Kemudian didiamkan dan aroni mengununakan air daun suji.
  4. Kukus lagi beras yang sudah di aroni hingga matang dan empuk sekitar 60 menit. Angkat.
  5. Tunggu hingga ketan dingin kemudian taburi dengan ragi yang sudah digerus hingga merata. Setelah tercampur rata pindahkan ketan ke panci atau wadah yang tertutup rapat.
  6. Tahap terahir diamkan selama sekitar 2 malam jika sudah tercium wangi dan ketan berubah jadi lembek menandakan tape sudah jadi.

Catatan :

  • Biasanya ragi dalam bentuk bulat padat untuk itu gerus sampai benar-benar halus supaya lebih mudah merata.
  • Pada tahap pengukusan yang kedua anda dapat mengatur tape seperti yang anda inginkan, semakin lama mengukus maka hasil tape semakin lembek.
  • Untuk menambah aroma saat proses fermentasi anda dapat menambahkan daunjambu air sebagai penutupnya.
  • Sebaiknya saat mecampurkan ragi jangan mengunakan tangan. Gunakan sendok atau sodet yang bersih. Karena jika tangan kotor tercampur bakteri atau wadah akan membuat hasil tape masam.
Pembuatan tape memang sedikit gampang-gampang susah karena kita melalui tahap fermentasi. Tapi saya yakin jika cara dan bahanya benar pasti jadi deh..

Semoga Bermanfaat...



Demikianlah Resep Artikel Cara Membuat Tape Ketan khas Muntilan

Sekianlah artikel Cara Membuat Tape Ketan khas Muntilan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan resep artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Tape Ketan khas Muntilan dengan alamat link https://www.lezatto.eu.org/2016/01/cara-membuat-tape-ketan-khas-muntilan.html

Resep masakan indonesia ala rumahan yang mudah dan yang pasti enak dari komunitas memasak terbesar dunia! terdapat berbagai macam resep masakan dan minuman yang patut kalian coba dan buktikan rasanya