CARA MEMBUAT SAMOSA INDIA ANEKA ISI DAGING DAN SAYURAN

CARA MEMBUAT SAMOSA INDIA ANEKA ISI DAGING DAN SAYURAN Resep Serba Lezatt, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CARA MEMBUAT SAMOSA INDIA ANEKA ISI DAGING DAN SAYURAN, kami telah mempersiapkan artikel Resep ini dengan sangat baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan resep postingan Artikel Cara Buat Makanan India, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : CARA MEMBUAT SAMOSA INDIA ANEKA ISI DAGING DAN SAYURAN
link : CARA MEMBUAT SAMOSA INDIA ANEKA ISI DAGING DAN SAYURAN

Baca juga


CARA MEMBUAT SAMOSA INDIA ANEKA ISI DAGING DAN SAYURAN

Resep Samosa Khas India Sederhana Spesial Aneka Isi Daging, Ayam, Keju, dan Sayuran Asli Enak. Satu lagi aneka resep makanan India atau masakan khas India. Selain di India ada juga resep samosa Arab khas Timur Tengah sedangkan variasi resepnya ada resep samosa keju, resep samosa ayam, resep samosa daging cincang atau daging giling, resep samosa sapi atau samosa daging sapi, samosa kambing isi daging kambing, resep samosa sayur sayuran, resep samosa kentang, isi keju, dll. Tekstur samosa goreng empuk dan lembut dengan kulit yang renyah sangat cocok dinikmati bersama minum teh atau minum kopi di sore hari pada saat santai. Bentuk samosa tidak selalu segitiga, ada yang bentuk samosa kerucut, dan ada samosa bentuk seperti pastel setengah lingkaran dan tentu sesuai kreatifitas Anda saja, mungkin bisa berbentuk lumpia atau risoles. Kalau dilihat bentuk kulitnya mirip kulit pangsit yang diberi isi aneka bahan isian. Samosa laris manis pada bulan puasa Ramadhan untuk berbuka puasa.

Foto Resep Samosa Khas India Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Samosa Khas India

Menurut situs Wikipedia apa itu samosa?. Samosa, samsa (bahasa Kirgiz: самса and bahasa Kazak: самса, IPA: [sɑmsɑ́], bahasa Punjabi: Samasa,bahasa Hindi: Samusa) atau somsa (Uzbek: somsa, IPA: [sɒmsá]) adalah pastri goreng berbentuk segitiga. Isi berupa kentang rebus berbumbu rempah-rempah dicampur kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar, dan kadang-kadang paneer. Makanan ringan ini populer di Asia Tengah Asia Selatan, Malaysia, Singapura, dan Semenanjung Arab.

Samosa vegetarian khas India dibuat dari terigu (tepung maida), kentang, bawang bombay, rempah-rempah, dan cabai hijau. Bawang bombay digantikan asafetida (hing) untuk orang yang pantang bawang. Samosa dimakan dengan saus cocol berupa chutney, seperti chutney daun mint, chutney daun ketumbar, atau chutney asam jawa. Versi nonvegetarian berisi daging cincang (keema) atau kadang-kadang daging ikan. Di Asia Tengah, isi berupa daging domba dan bawang bombay, labu, atau kentang.

Nama samosa berasal dari bahasa Persia sanbosag. Sebutan lain untuknya di berbagai negara juga berakar dari kata yang sama: sambusac(sanbusak) yang berbentuk bulan sabit, sanbusaj di negara-negara berbahasa Arab, sambosa di Afganistan, samboosa di Tajikistan, samsa di negara-negara bahasa Turki, sambusa di beberapa wilayah di Iran, dan chamuça di Goa dan Portugal.

Sejarah asal usul mula samosa. Samosa telah selama berabad-abad disenangi orang di Asia Selatan. Makanan ringan ini diperkirakan berasal dari Asia Tengah sebelum abad ke-10, (di tempat asalnya disebut samsa) dan diperkenalkan ke anak benua India pada abad ke-13 atau abad ke-14 oleh para pedagang dari kawasan Asia Tengah.

Amir Khusro (1253-1325), cendekiawan dan penyair kerajaan Kesultanan Delhi menulis sekitar tahun 1300 tentang para pangeran dan kalangan bangsawan yang menyukai "samosa yang dibuat dari daging, minyak samin, bawang bombay, dan lain lain."

Pengembara dan penjelajah asal abad ke-14 bernama Ibnu Battutah menjelaskan tentang makanan yang dimakannya di istana Muhammad bin Tughluq, bernama samushak atau sambusak, kue pai kecil yang diisi daging cincang, kacang badam, kacang pistasio, kacang walnut, dan disajikan sebelum hidangan tahap ketiga, pulao.

Dokumen Ain-i-Akbari asal zaman Mughal abad ke-16 menyebutkan resep qutab dengan penjelasan, "orang Hindustan menamakannya sanbúsah.

Aneka kreasi dan variasi olahan samosa. Bentuk, ukuran, dan ketebalan kulit samosa bergantung kepada resep dan selera orang yang membuat, namun bentuknya hampir selalu segitiga. Samosa dijual di gerai yang disebut chaat, dan disajikan bersama saus seperti yogurt, chutney, irisan bawang bombay dan daun ketumbar, serta chaat masala.

Samosa di Faisalabad merupakan yang terbaik di Pakistan. Makan samosa merupakan salah satu daya tarik wisata Faisalabad. Samosa khas Faisalabad berukuran besar, dimakan dengan saus chutney merah dan putih, dan dilengkapi dengan salad bawang. Selain berisi sayuran, samosa di Faisalabad juga berisi daging cincang.

Lukhmi adalah sebutan untuk variasi samosa di Hyderabad, India. Ukurannya lebih kecil dari biasa, namun kulit pastri lebih tebal.

Di Goa dan juga Portugal, samosa dieja sebagai chamuças. Isinya daging ayam, daging sapi, daging babi, atau sayuran, dan diberi bumbu hingga rasanya pedas.

Samosas dikenal luas di Kazakhstan sebagai samsa. Di dalamnya berisi daging sapi, daging ayam, atau keju. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi samosa khas India bisa digoreng maupun dikukus sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan praktis step by step anti gagal untuk konsumsi sendiri dan untuk jualan ide usaha bisnis kuliner India samosa goreng dan samosa kukus.

RESEP SAMOSA INDIA VERSI KOMPLIT
Resep by : Femina

BAHAN :
  • 2 sdm air matang
  • Minyak untuk menggoreng
BAHAN KULIT :
  • 225 tepung terigu, ayak
  • 1/2 sdt garam
  • 7 sdm air hangat
  • 100 ml minyak sayur
BAHAN ISI :
  • 2 sdm minyak, untuk menumis
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 5 lembar daun kunyit, iris halus
  • 5 lembar daun jeruk purut, iris halus
  • 500 gram daging kambing, cincang
  • 200 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
  • 2 sdt kari bubuk
  • 1/4 sdt jintan bubuk
BUMBU SAMOSA, HALUSKAN :
  • 4 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 8 buah cabai merah
  • 1 cm jahe, bakar
  • 1 sdt ketumbar butiran, sangrai
  • 5 butir kemiri, sangrai
  • 1 sdt garam
CARA MEMBUAT SAMOSA INDIA :
  1. Cara Membuat Kulit Samosa : Campur terigu bersama garam, air hangat, dan minyak, uleni hingga adonan kalis.
  2. Tipiskan adonan hingga ketebalan 0,2 cm. Potong-potong bentuk bujur sangkar ukuran 10 x 10 cm. Sisihkan.
  3. Cara Membuat Isi Samosa : Panaskan minyak, tumis bumbu halus, bawang bombay, serai, daun kunyit, dan daun jeruk hingga harum. Masukkan daging cincang, aduk hingga daging berubah warna.
  4. Tuangi santan, bubuhi kari, dan jintan, aduk rata. Masak hingga matang dan santan menyusut, angkat.
  5. Ambil selembar kulit, taruh di tengahnya 2 sdm adonan isi. Lipat bentuk segitiga. Rekatkan sisinya dengan air. Lakukan hingga selesai. Pelajari cara melipat kulit samosa step by step di video youtube.
  6. Goreng dalam minyak banyak dan panas hingga berwarna kuning kecokelatan dan matang, angkat.
  7. Sajikan untuk 15 buah.

RESEP SAMOSA INDIA VERSI SEDERHANA


BAHAN :
  • 15 lbr kulit spring roll
  • Minyak goreng secukupnya
BAHAN ISI :
  • 300 gram kentang, kupas, potong dadu
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 sdt jinten
  • 2 sdt bubuk kari
  • 100 ml air
  • Garam, merica bubuk, dan gula pasir secukupnya
CARA MEMBUAT SAMOSA SEDERHANA :
  1. Panaskan 3 sendok makan minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan daging giling, masak hingga berubah warna. Masukkan kentang, jinten, bubuk kari, air, garam, merica bubuk, dan gula pasir, masak hingga matang dan air mengering, angkat.
  3. Ambil selembar spring roll lalu isi dengan bahan isi, bentuk segi tiga, lakukan hal yang sama hingga bahan habis.
  4. Goreng dalam minyak panas sedang hingga matang, angkat dan tiriskan.
  5. Sajikan.


Demikianlah Resep Artikel CARA MEMBUAT SAMOSA INDIA ANEKA ISI DAGING DAN SAYURAN

Sekianlah artikel CARA MEMBUAT SAMOSA INDIA ANEKA ISI DAGING DAN SAYURAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan resep artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel CARA MEMBUAT SAMOSA INDIA ANEKA ISI DAGING DAN SAYURAN dengan alamat link https://www.lezatto.eu.org/2021/05/cara-membuat-samosa-india-aneka-isi_2.html

Resep masakan indonesia ala rumahan yang mudah dan yang pasti enak dari komunitas memasak terbesar dunia! terdapat berbagai macam resep masakan dan minuman yang patut kalian coba dan buktikan rasanya