CARA MEMBUAT AYAM TANGKAP KHAS ACEH

CARA MEMBUAT AYAM TANGKAP KHAS ACEH Resep Serba Lezatt, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CARA MEMBUAT AYAM TANGKAP KHAS ACEH, kami telah mempersiapkan artikel Resep ini dengan sangat baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan resep postingan Artikel Cara Buat Makanan Aceh, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : CARA MEMBUAT AYAM TANGKAP KHAS ACEH
link : CARA MEMBUAT AYAM TANGKAP KHAS ACEH

Baca juga


CARA MEMBUAT AYAM TANGKAP KHAS ACEH

Resep Ayam Tangkap Khas Aceh Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Ayam tangkap berasal dari Aceh Serambi Mekkah salah satu makanan khas yang diminati orang-orang kaena rasanya yang enak dan penyajiannya yang unik. Selain itu Aceh juga punya masakan olahan ayam lainnya, yaitu ayam Pramugari.

Foto Resep Ayam Tangkap Khas Aceh Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak
Gambar Ayam Tangkap Aceh

Menurut situs Wikipedia. Ayam Tangkap adalah makanan tradisional masakan khas Aceh yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas Aceh yang unik. Bisa disebut resep ayam tangkap rempah atau bumbu ungkep ayam tangkap.

Suka ayam tangkap? Carabuatresep mania harus cobain ayam pramugari, tempat makan ayam tangkap paling legendaris. Katanya nama ayam pramugari diberikan karena bentuk kaki ayam goreng tersebut berbentuk jenjang, sama dengan bentuk kaki yang identik dengan pramugari. Setelah digoreng, ayam tangkap ini disajikan dengan daun pandan dan daun kari atau yang juga bisa disebut dengan daun temuru. Daun temuru ini bentuknya sama dengan daun belimbing, hanya saja daun temuru lebih kecil ukurannya.

Cara makan ayam pramugari juga unik loh, kita harus mencari-cari ayam yang tersembunyi di bawah dedaunan tersebut. Tapi Carabuatresep mania jangan sekali-kali membuang daun ini, karena manfaatnya sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Daun ini bisa mengatasi anemia, infeksi kulit, dan menjaga kestabilan kadar gula darah loh. Nah di restoran ayam pramugari ini juga ada cabai goreng loh, cocok buat CBR mania yang suka makan pedas.

Kebiasaan menyantap ayam tangkap sudah menjadi bagian dari tradisi budaya masyarakat Aceh. Pengolahan ayam ini tidaklah sulit yaitu hanya dengan menggoreng setelah sebelumnya sudah terlebih dahulu diberi bumbu dasar agar gurih saat disantap. Bumbu yang digunakan seperti bawang putih, lada, kemiri, garam, dan jahe. Setelah dibumbui, ayam lalu digoreng sekitar 5–10 menit. Pada saat yang bersamaan, dimasukkan pula beberapa genggam daun yang akan disajikan bersama ayam sehingga rasa rempah dedaunan turut meresap ke dalam daging ayam. Daun yang digunakan, di antaranya daun kari/daun temuru yang mirip bentuknya dengan daun belimbing, potongan daun pandan, dan salam koja. Dedaunan itu pula yang kemudian menutupi sajian ayam tangkap pada setangkup piring. Itulah keunikan ayam tangkap Aceh besar ini.

Setelah ayam matang, dedaunan ini memang tetap disajikan dengan menutupi ayam sehingga terlihat ayam sengaja diletakkan di bawah dedaunan. Dedaunan ini selain sebagai daya tarik hidangan, sekaligus bisa dijadikan sebagai lalapan kering pelengkap potongan ayam. Jika masih dalam keadaan hangat, dedaunan ini bercita rasa kering seperti kerupuk garing kriuk.

Cara membuat ayam tangkap ini tidak jauh berbeda dengan kepiting tangkap. Ayam yang digunakan untuk membuat ayam tangkap ini adalah ayam kampung dengan usia muda agar tekstur dagingnya lebih empuk.

Di beberapat tempat, masakan ini dijuluki juga dengan istilah ayam tsunami dikarenakan masakan ini biasanya disajikan dengan ditebarkan di piring seperti ketidakteraturan setelah bencana tsunami. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ayam tangkap Aceh sajian sedap istimewa ,jtt lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung makan, warung nasi, rumah makan khas Aceh, maupun restoran ala cafe resto cepat saji.

RESEP AYAM TANGKAP


BAHAN :
  • 1 ekor ayam kampung, potong kecil-kecil
  • 4 lembar daun pandan
  • 4 lembar daun salam
  • 8 batang daun kemuru/daun kari/daun temuru/daun salam koja/daun temurui/curry leaves
  • 2 batang sereh
  • Air lemon
  • 1 cangkir air kelapa muda
BUMBU HALUS :
  • 6 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • 3 ruas kunyit
  • 2 ruas jahe
  • 2 ruas laos/lengkuas
CARA MEMASAK AYAM TANGKAP KHAS ACEH :
  1. Cuci bersih ayam yang sudah dipotong kecil-kecil. Lalu remas-remas dengan air lemon dan garam. Diamkan 15 menit lalu cuci.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi. Lalu masukkan daun salam, sereh/serai dan 2 batang daun kemuru.
  3. Masukkan ayam, beri air putih 1 gelas, air kelapa, air lemon, garam dan gula. Koreksi rasa.
  4. Kecilkan api, tunggu sampai bumbu meresap dan ayam empuk.
  5. Sambil menunggu ayam diungkep. Panaskan minyak diwajan lainnya, goreng daun kemuru dan daun pandan sampai kering. Setelah kering, tiriskan.
  6. Goreng ayam yang sudah empuk sampai matang kecoklatan. Tiriskan.
  7. Sajikan ayam lalu taburkan dengan daun kemuru dan daun pandan yang sudah digoreng.


Demikianlah Resep Artikel CARA MEMBUAT AYAM TANGKAP KHAS ACEH

Sekianlah artikel CARA MEMBUAT AYAM TANGKAP KHAS ACEH kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan resep artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel CARA MEMBUAT AYAM TANGKAP KHAS ACEH dengan alamat link https://www.lezatto.eu.org/2021/05/cara-membuat-ayam-tangkap-khas-aceh_6.html

Resep masakan indonesia ala rumahan yang mudah dan yang pasti enak dari komunitas memasak terbesar dunia! terdapat berbagai macam resep masakan dan minuman yang patut kalian coba dan buktikan rasanya