CARA MEMBUAT KUE BONGKOL KHAS BENGKULU

CARA MEMBUAT KUE BONGKOL KHAS BENGKULU Resep Serba Lezatt, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CARA MEMBUAT KUE BONGKOL KHAS BENGKULU, kami telah mempersiapkan artikel Resep ini dengan sangat baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan resep postingan Artikel Cara Buat Makanan Bengkulu, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : CARA MEMBUAT KUE BONGKOL KHAS BENGKULU
link : CARA MEMBUAT KUE BONGKOL KHAS BENGKULU

Baca juga


CARA MEMBUAT KUE BONGKOL KHAS BENGKULU

Resep Kue Bongkol Khas Bengkulu Sederhana Spesial Asli Enak. Menikmati hidangan menu buka puasa, memang paling enak dengan yang manis-manis dan segar. Nah. menu khas Bengkulu yang masih masuk aneka kue basa tradisional jajanan pasar ini mungkin bisa jadi pilihan berbuka puasa hari ini sebagai menu takjil. Namanya kue bongkol atau bubur bongkol bungkus daun pisang, yang terbuat dari tepung beras dibungkus daun pisang batu dikukus selama 15 menit saja. Nama nasional makanan ini adalah bubur sumsum baik bubur sumsum putih maupun bubur sumsum hijau pandan atau ijo daun suji. Jadi sama dengan proses pembuatan bubur sumsum atau bubur lemu hijau pandan di Sunda, Bandung, Jawa Barat. Cara pembuatannya pun mudah dan gampang sekali. Perbedaannya kue bongkol ini dibungkus daun pisang batu dan telah menjadi khas Bengkulu. Berbeda dengan kue bongkol khas Palembang yang terbuat dari ketan dan kacang merah dibungkus daun kelapa yang disebut kue bongkol ketan kacang merah. Bedanya dimana nanti akan dibahas pada artikel selanjutnya di blog carabuatresep ini.

Foto Resep Kue Bongkol Khas Bengkulu Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kue Bongkol Khas Bengkulu Bungkus Daun Pisang

Kue bongkol bungkus daun pisang yang rasanya gurih dan manis ini cocok dimakan dalam keadaan dingin jadi lebih segar, kue dengan teksturnya yang lembut, empuk dan dimakan bersama kuah santan kelapa yang dicampur gula aren ini semakin banyak dicari warga Bengkulu saat bulan puasa ini sebagai menu takjil Ramadhan. Kue ini dengan mudah ditemukan dan dicari karena banyak dijual di pinggir jalan selama bulan puasa Ramadhan tiba. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih bongkol khas Bengkulu sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka kue bongkol.

RESEP KUE BONGKOL KHAS BENGKULU


BAHAN :
  • 500 gram tepung beras
  • 3 1/2 gelas air
  • 4 sdt kapur sirih
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm pewarna hijau dari daun suji dan pasta pandan
BAHAN KUAH :
  • 300 gram gula aren
  • 500 gram santan kelapa
CARA MEMBUAT KUE BONGKOL KHAS BENGKULU :
  1. Pembuatan untuk bahan adonan kue bongkol ini dibutuhkan tepung beras sebanyak 500 gram, air 3,5 gelas, kapur sirih 4 sendok, 1 sendok makan garam, pewarna hijau dari daun suji dan pasta pandan 1 sendok saja. Sedangkan untuk bahan pembuatan kue bongkol membutuhkan gula aren sebanyak 300 gram dan santan kelapa sebanyak 500 gram. Setelah semua bahan telah tercampur lalu aduk secara memutar dengan berulang-ulang hingga tercampur rata. Selanjutnya dimasukkan ke dalam dandang ukuran sedang dan dimasak dengan api ukuran kecil selama 10 menit dengan sambil terus diaduk hingga mengental dan setengah matang.
  2. Setelah adonan tepung beras menjadi setengah matang lalu angkat dan bungkus dengan menggunakan daun pisang bersama kuah santan dan gula aren yang telah dicairkan sebelumnya. Selanjutnya kukus kue bongkol selama 15 menit. Setelah matang lalu angkat dan sajikan kue bongkol selagi masih hangat atau didinginkan terlebih dahulu sesuai selera.
  3. Sajikan dengan kuah gula aren dan santan.


Demikianlah Resep Artikel CARA MEMBUAT KUE BONGKOL KHAS BENGKULU

Sekianlah artikel CARA MEMBUAT KUE BONGKOL KHAS BENGKULU kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan resep artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel CARA MEMBUAT KUE BONGKOL KHAS BENGKULU dengan alamat link https://www.lezatto.eu.org/2021/03/cara-membuat-kue-bongkol-khas-bengkulu.html

Resep masakan indonesia ala rumahan yang mudah dan yang pasti enak dari komunitas memasak terbesar dunia! terdapat berbagai macam resep masakan dan minuman yang patut kalian coba dan buktikan rasanya