CARA MEMBUAT KERUPUK SLONDOK SINGKONG KHAS MAGELANG

CARA MEMBUAT KERUPUK SLONDOK SINGKONG KHAS MAGELANG Resep Serba Lezatt, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CARA MEMBUAT KERUPUK SLONDOK SINGKONG KHAS MAGELANG, kami telah mempersiapkan artikel Resep ini dengan sangat baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan resep postingan Artikel Cara Buat Makanan Jawa Tengah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : CARA MEMBUAT KERUPUK SLONDOK SINGKONG KHAS MAGELANG
link : CARA MEMBUAT KERUPUK SLONDOK SINGKONG KHAS MAGELANG

Baca juga


CARA MEMBUAT KERUPUK SLONDOK SINGKONG KHAS MAGELANG

Resep Kerupuk Slondok Khas Magelang Sederhana Spesial Asli Enak. Keripik atau kerupuk slondok yang renyah kriuk ini adalah cemilan yang terbuat dari olahan singkong. Produksi kerupuk atau keripik slondok ini tersebar di daerah Jawa Tengah, seperti di Magelang, Kulon Progo, Klaten, Jogja atau Yogyakarta, dll

Foto Resep Kerupuk Slondok Khas Magelang Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kerupuk Slondok Khas Magelang


Slondok adalah makanan ringan atau camilan (snack) yang terbuat dari singkong ubi kayu. Singkong yang biasanya dibuat menjadi kripik atau singkong goreng juga dapat di jadikan slondok yang renyah dan gurih garing kriuk. Wujud slondok ini menyerupai lingkaran seperti Slondok Krepus, Kerupuk Gurih dari Magelang. Varians slondok selain singkong, ada slondok udang, slondok bawang, dll. Merk slondok yang sudah terkenal yaitu slondok Matahari.

Krupuk slondok magelang yaitu tipe camilan khas dari kota Magelang-Jawa Tengah, yang terbuat dari bahan singkong. Banyak jenis wujud dan rasa yang dihasilkan. Harganya malahan relatif murah bagi segala kalangan. Dan slondok malahan menjadi salah satu icon jajanan khas Magelang kecuali dengan Gethuk dan pothilnya. Slondok ini ada bermacam-macam jenis dengan nama slondok krepus/ slondok gelang / lanting khas magelang.

Cara membuat slondok mentah menjadi Kerupuk slondok terbuat dari singkong yang diolah sedemikian sehingga menciptakan kerupuk slondok yang rasanya seperti kentang. Dengan fermentasi dan sistem pengolahan yang benar menciptakan kerupuk slondok yang renyah, gurih dan berkualitas.

Getuk, getuk lindri, gaplek dan slondok sama-sama menggunakan bahan ketela singkong atau ubi kayu. Keduanya kaya akan kandungan karbohidrat. Kerupuk slondok matang atau slondok goreng biasanya dibuat dalam berbagai varian rasa, seperti slondok pedas, slondok keju, slondok balado, dan slondok rasa lain. Di Magelang, kerupuk slondok cukup banyak dijual oleh penjual oleh-oleh khas Magelang. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kerupuk slondok sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis toko oleh-oleh khas Magelang, Klaten, Kulon Progo, Semarang, Jawa Tengah. (JATENG).

RESEP KERUPUK SLONDOK SINGKONG


BAHAN :
  • Singkong
  • Minyak goreng
BUMBU HALUS :
  • Bawang putih
  • Ketumbar
  • Kemiri
  • Garam secukupnya
Baca Juga :


CARA MEMBUAT KERUPUK SLONDOK SINGKONG :
  1. Kupas singkong dan cucilah hingga bersih.
  2. Kukuslah singkong tersebut sampai matang kurang lebih satu setengah jam.
  3. Jika sudah matang angkatlah dan tiriskan.
  4. Setelah dingin tumbuklah ataupun parut singkong tersebut sampai halus dan campurkan bumbu yang telah dihaluskan secukupnya.
  5. Tumbukan singkong tersebut digiling menggunakan mesin penggiling slondok, hasil penggilingn tersebut dibentuk memanjang, sehingga hasilnya tampak seperti lingkaran, kemudian jemurlah dibawah terik matahari sampai kering. Sampai disini jadilah slondok mentah.
  6. Gorenglah sampai matang.
  7. Sajikan, Slondok siap dikonsumsi dan dipasarkan.


Demikianlah Resep Artikel CARA MEMBUAT KERUPUK SLONDOK SINGKONG KHAS MAGELANG

Sekianlah artikel CARA MEMBUAT KERUPUK SLONDOK SINGKONG KHAS MAGELANG kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan resep artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel CARA MEMBUAT KERUPUK SLONDOK SINGKONG KHAS MAGELANG dengan alamat link https://www.lezatto.eu.org/2021/03/cara-membuat-kerupuk-slondok-singkong.html

Resep masakan indonesia ala rumahan yang mudah dan yang pasti enak dari komunitas memasak terbesar dunia! terdapat berbagai macam resep masakan dan minuman yang patut kalian coba dan buktikan rasanya