CARA MEMBUAT GAPLEK SINGKONG UBI KAYU

CARA MEMBUAT GAPLEK SINGKONG UBI KAYU Resep Serba Lezatt, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CARA MEMBUAT GAPLEK SINGKONG UBI KAYU, kami telah mempersiapkan artikel Resep ini dengan sangat baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan resep postingan Artikel Cara Buat Resep Khusus, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : CARA MEMBUAT GAPLEK SINGKONG UBI KAYU
link : CARA MEMBUAT GAPLEK SINGKONG UBI KAYU

Baca juga


CARA MEMBUAT GAPLEK SINGKONG UBI KAYU

Resep Gaplek Singkong Ubi Kayu Sederhana Spesial Asli Enak. Cara untuk membuat tepung tapioka atau tepung gaplek bahannya adalah gaplek yaitu singkong yang telah dibersihkan lalu dipotong-potong dan dikeringkan dengan cara menjemurnya di terik matahari panas pada siang hari sering juga disebut singkong kering. Ada juga yang membuat gaplek dari ubi jalar adapun cara membuat gaplek ubi jalar caranya sama. Sedangkan harga gaplek 2021 terbaru Gatot menjelaskan, untuk harga beli gaplek yang diberikan pabrik kini hanya Rp2.400 hingga Rp 2.600 per Kilogram (Kg). Padahal saat puncak panen singkong, harga gaplek sesungguhnya bisa menembus angka Rp 2.700 per Kg ini peluang usaha buat Anda untuk usaha jualan Gaplek seperti kota Wonogiri dengan taglinenya Wonogiri Kota Gaplek.

Foto Resep Gaplek Singkong Kering Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Gaplek Singkong Kering

Gaplek adalah bahan makanan yang diolah yang terbuat dari umbi ketela pohon yang dikenal dengan nama singkong atau ubi kayu yang konon asal usulnya dari Thailand. Ubi kayu dalam keadaan segar tidak tahan lama alias tidak awet. Untuk pemasaran yang memerlukan waktu lama, ubi kayu harus diolah dulu menjadi bentuk lain yang lebih awet, seperti gaplek, tepung tapioka (tepung singkong) atau tepung gaplek, tapai/tape singkong atau peuyeum sunda, keripik singkong, gatot (gaplek gagal total), dan lain-lain. Tepung tapioka bisa dibuat untuk bermacam-macam kue basah tradisional. Tepung tapioka dari gaplek selanjutnya bisa dibuat menjadi nasi tiwul yang gurih. Nasi tiwul sangat populer di masyarakat Jawa yang hidup di Pegunungan Kidul yang memanjang dari Gunung Kidul di Yogyakarta sampai kawasan kabupaten Pacitan.

Baca Juga : Resep Aneka Olahan Singkong

Pada umumnya Masyarakat dalam membuat gaplek dengan cara sederhana, yaitu singkong dikupas, utuh atau dibelah kemudian dijemur. Ada 2 dua jenis gaplek, yaitu gaplek yang putih biasa ditepungkan atau dibuat tiwul dan gaplek hitam yang disebut gatot katanya kependekan dari kata gagal total. Saya jadi tertarik mendengar kata gatot alias gaplek gagal total ini dan ingin membahasnya sedikit di artikel blog carabuatresep.blogspot.com ini dan juga membahas ulasan terlengkap cara membuat gatot dari ubi kayu atau cara membuat gatot dari gaplek. Baiklah warna hitam pada gatot dihasilkan oleh bermacam fungi dan bakteri yang tumbuh kembang karena selama penjemuran berlangsung, singkong dibiarkan pada hamparan siang dan malam hari. Perombakan pati menjadi senyawa yang lebih sederhana oleh berbagai fungi dan bakteri menyebabkan tekstur gatot menjadi kenyal. Adanya fungi dan bakteri ini menyebabkan terjadinya proses fermentasi yang membuat pati dalam singkong terurai oleh enzim menjadi struktur yang lebih sederhana sehingga lebih mudah dicerna.

Proses selanjutnya : gaplek yang warna kehitaman direndam dalam waktu semalaman. Setelah itu, air rendamannya dibuang dan gaplek hitamnya kemudian dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil. Karena sudah mengalami perendaman dan teksturnya sudah lebih lunak, gaplek calon gatot jadi mudah untuk dipotong-potong. Gaplek hitam lunak yang sudah dicuil-cuil itu kemudian ditanak, seperti menanak nasi. Sekitar dua jam kemudian, diangkat dari tungku serta ditata dalam tampah agar cepat dingin. Hasilnya berupa gatot dengan warna sebagian kecokelatan sebagian hitam, dengan tekstur kenyal dan rasa serta aroma khas gatot. Cara memakannya seperti halnya makan nasi putih bersama sayuran dan lauk-pauknya. Namun saat ini gatot lebih banyak dikonsumsi sebagai snack dengan parutan kelapa dan kadang-kadang dicampur dengan gula merah. Biasanya gula kelapa.

KEISTIMEWAAN GATOT (GAGAL TOTAL)

Perpaduan rasa gurih dengan sedikit rasa manis atau pun asin merupakan ciri khas gatot. Di samping itu, teksturnya yang kenyal ditambah sedikit kasar dari parutan kelapa menambah eksotisme tersendiri saat mengunyah gatot. Mengonsumsi gatot dapat membuat kenyang bertahan lebih lama (awet wareg) karena alat pencernaan membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna gatot. Dan sekarang ini makan gatot akan semakin lebih mudah karena kita tidak perlu repot-repot mengikuti proses pembuatannya yang cukup ribet dan lama (belum lagi kalau salah caranya bisa gagal total alias gatot sehingga rawan kontaminasi ujar Toko Panji Online Kepanjen Malang), kini katanya sudah tersedia gatot instan siap pakai. Tinggal beli, lalu rendam, kukus, dan sajikan. Wow mudah sekali bukan. Kalau sudah gampang begini namanya anti gagal bukan lagi gagal total.

Jika anda tertarik membuat gaplek, maka berikut tips cara pembuatan gaplek dan cara mengolah gaplek lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah, sebagai mana dilansir warintek.net.

Tabel Komposisi kandungan singkong Ubi Kayu, per 100 gram bahan :
  • Kalori 146,00 kal
  • Air 62,50 gram
  • Phosphor 40,00 mg
  • Karbohidrat 34,00 gram
  • Kalsium 33,00 mg
  • Vitamin C 30,00 mg
  • Protein 1,20 gram
  • Besi 0,70 mg
  • Lemak 0,30 gram
  • Vitamin B1 0,06 mg
  • Berat dapat dimakan 75,00
Pembuatan gablek merupakan proses yang sederhana, meliputi : pencucian, pengupasan, dan pengeringan. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi gaplek singkong ubi kayu tradisional sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka gaplek tradisional dan modern di Indonesia.

RESEP GAPLEK SINGKONG


BAHAN UNTUK MEMBUAT GAPLEK :
  • Singkong ubi kayu yang kualitas baik, tandanya masih segar
ALAT - ALAT YANG DIPERLUKAN :
  • Ember
  • Karung goni
  • Pisau
  • Tikar
CARA MEMBUAT GAPLEK SINGKONG :
  1. Pisahkan singkong ubi kayu dari batangnya, kupas kemudian cuci hingga bersih.
  2. Potong - potong singkong ubi kayu yang terlalu panjang.
  3. Jemur singkong ubi kayu yang telah bersih di bawah sinar matahari selama 1~2 hari. Setelah itu tutup dengan tikar bersih selama 1 hari. Diharapkan jamur dapat memperkecil tingkat keracunannya.
  4. Jemur lagi sampai kering, setelah kering disebut gaplek, lalu masukkan ke dalam karung.
  5. Simpan di tempat yang kering, jangan di tempat yang basah atau lembab.
DIAGRAM ALUR PEMBUATAN GAPLEK
  • Ubi Kayu Singkong –> Kupas –> Cuci –> Jemur –> Tutup Tikar –> Jemur –> Gaplek
PENGGUNAAN GAPLEK
  • Gaplek dapat dimasak dengan cara dikukus dengan diberi gula merah dan kelapa parut. Baca juga : resep tiwul
TIPS & TRICKS :
Syarat-syarat gaplek yang baik adalah sebagai berikut :
  • Gaplek dapat dibentuk gelondongan atau belahan memanjang (+3 cm), tepung, atau pellet.
  • Gaplek dalam keadaan kering, berwarna putih, tidak berjamur, dan tidak ada kulit yang tertinggal.
  • Pengemasan gaplek harus menggunakan karung goni yang baik, bersih dan jahitannya kuat.


Demikianlah Resep Artikel CARA MEMBUAT GAPLEK SINGKONG UBI KAYU

Sekianlah artikel CARA MEMBUAT GAPLEK SINGKONG UBI KAYU kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan resep artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel CARA MEMBUAT GAPLEK SINGKONG UBI KAYU dengan alamat link https://www.lezatto.eu.org/2021/03/cara-membuat-gaplek-singkong-ubi-kayu.html

Resep masakan indonesia ala rumahan yang mudah dan yang pasti enak dari komunitas memasak terbesar dunia! terdapat berbagai macam resep masakan dan minuman yang patut kalian coba dan buktikan rasanya