CARA MEMBUAT ENGKAK KETAN PALEMBANG

CARA MEMBUAT ENGKAK KETAN PALEMBANG Resep Serba Lezatt, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CARA MEMBUAT ENGKAK KETAN PALEMBANG, kami telah mempersiapkan artikel Resep ini dengan sangat baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan resep postingan Artikel Cara Buat Makanan Palembang, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : CARA MEMBUAT ENGKAK KETAN PALEMBANG
link : CARA MEMBUAT ENGKAK KETAN PALEMBANG

Baca juga


CARA MEMBUAT ENGKAK KETAN PALEMBANG

Resep Engkak Ketan Palembang Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Lebaran Asli Enak. Kue lapis ketan atau sering juga disebut kue bolu palembang ini rasanya lezat sekali dan manis spesial, biasanya dihidangkan untuk hari raya lebaran di kampung sekitar dusun lintang empat lawang (L4L) Babatan meluas sampai ke kota Lampung, Bengkulu, khas Jambi dan daerah nusantara lainnya seiring makin populernya kue lapis legit ini yang sudah pasti setiap daerah memiliki khas masing-masing. Cara memasaknya ada yang dengan cara dipanggang oven dan juga ada yang kukus dengan cara dikukus. Kumpulan Kue engkak medok ini masih termasuk kue basah tradisional palembang Indonesia kue jajanan pasar yang perlu dilestarikan keberadaannya. Untuk resep hemat telur dan bahan ekonomis Anda bisa membuat kue engkak ketan mini ukuran kecil dengan loyang ukuran kecil. Anda bisa membuat varian engkak ketan modern misalnya dengan membuat engkak ketan lapis coklat atau keju, dll.

Foto Engkak Ketan Palembang dan Lampung
Gambar Kue Engkak Ketan

Kue lapis palembang, Sumatera Selatan SUMSEL atau kue engkak ketan adalah kue lapis yang memiliki tekstur lembut, empuk dan kenyal dengan wangi santan dan kelapa sangrai sangat khas sekali berbeda dengan kue atau cake lapis dari daerah lain dan rasanya manis dan legit ciri khas kue bolu Palembang, tepung ketan yang digunakan bisa tepung ketan hitam dan tepung ketan putih dan sering juga dijumpai aneka kreasi rasa sajian sedap maupun bentuk cetakan yang berhasil dikembangkan, seperti rasa coklat, lapis keju, dan lapis durian. Membuat kue ini sederhana tapi repot. Berapa lama memanggang kue engkak?. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi engkak ketan hitam dan ketan putih pakai kelapa goreng, Ny Liem, NCC sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka kue engkak khas Palembang, Jambi, dan khas Lampung special ekonomis harga murah meriah.

RESEP KUE ENGKAK KETAN


BAHAN :
  • 7 butir telur bebek
  • 8 butir telur ayam
  • 1 ltr santan
  • 500 gram tepung ketan, bisa pakai tepung ketan putih dan tepung ketan hitam
  • 500 gram gula pasir
  • 1 kg susu kental manis
  • 100 gram mentega cair

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Kue 8 Jam

CARA MEMBUAT ENGKAK KETAN PANGGANG SPESIAL :
  1. Siapkan loyang persegi 24 cm, alasi kertas roti dan olesi sedikit mentega. Panaskan oven 180 derajat Celsius. Sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula sampai mengembang dan lembut, masukkan susu kental manis, santan dan tepung ketan, aduk rata. Tambahkan mentega cair, aduk rata.
  3. Tuang 200 ml adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan, panggang selama 5 menit atau sampai permukaan kecokelatan. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.
  4. Setelah adonan habis, panggang kue selama 35 menit atau sampai semuanya matang. Angkat dan dinginkan. Potong-potong.
  5. Sajikan untuk 20 Potong.
TIPS & TRICKS :
  • Mengurangi aroma amis telur bebek dapat dicampur dengan telur ayam, dengan takaran 7 butir telur bebek ditambah 8 butir telur ayam.


Demikianlah Resep Artikel CARA MEMBUAT ENGKAK KETAN PALEMBANG

Sekianlah artikel CARA MEMBUAT ENGKAK KETAN PALEMBANG kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan resep artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel CARA MEMBUAT ENGKAK KETAN PALEMBANG dengan alamat link https://www.lezatto.eu.org/2021/03/cara-membuat-engkak-ketan-palembang.html

Resep masakan indonesia ala rumahan yang mudah dan yang pasti enak dari komunitas memasak terbesar dunia! terdapat berbagai macam resep masakan dan minuman yang patut kalian coba dan buktikan rasanya