CARA MEMBUAT SABUN COLEK SERBA GUNA SENDIRI

CARA MEMBUAT SABUN COLEK SERBA GUNA SENDIRI Resep Serba Lezatt, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CARA MEMBUAT SABUN COLEK SERBA GUNA SENDIRI, kami telah mempersiapkan artikel Resep ini dengan sangat baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan resep postingan Artikel Cara Buat Sabun, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : CARA MEMBUAT SABUN COLEK SERBA GUNA SENDIRI
link : CARA MEMBUAT SABUN COLEK SERBA GUNA SENDIRI

Baca juga


CARA MEMBUAT SABUN COLEK SERBA GUNA SENDIRI

Resep Sabun Colek Serba Guna Sederhana Spesial Asli Buatan Sendiri yamg Bagus (Home Industry) di Produksi dengan Cara Tradisional ataupun Modern. Dewasa ini meskipun telah hadir berbagai jenis sabun dengan bentuk baru, terutama sabun cair yang dianggap lebih efektif untuk mencuci. Namun, kehadiran sabun colek masih sangat dibutuhkan dan masih banyak peminatnya. Bentuknya yang berupa cream membuat sabun colek lebih efisien karena sulit untuk tumpah sehingga hemat dan harganya murah meriah alias terjangkau dan serbaguna (tidak seperti sabun cair yang mudah tumpah). Sabun colek juga dianggap memiliki kegunaan yang beragam, seperti dapat digunakan sebagai pencuci piring, pencuci baju, pencuci mobil, membersihkan toilet, dll. Coba anda bandingkan dengan sabun jenis lainnya, apakah ada yang sangat serbaguna seperti sabun colek?

Foto Resep Sabun Colek Serba Guna Sederhana Spesial Asli Buatan Sendiri yamg Bagus (Home Industry) di Produksi dengan Cara Tradisional ataupun Modern
Gambar Sabun Colek Kiloan Kemasan Unik



Sabun colek memegang fungsi penting dalam rumah tangga. Selain harganya relatif murah, penggunaan sabun colek pun relatif mudah. Kebutuhannya pun sangat meningkat. Dengan teknologi sederhana, sabun colek bisa dihasilkan. Anda tertarik membuat dan mengusahakannya? Temukan cara dan kiat pembuatannya dalam tulisan artikel bermanfaat. Cara Membuat Sabun Colek ini.

Sabun cuci krim (cream) atau sabun colek yang dapat dipakai untuk keperluan:
  1. Membersihkan lantai
  2. Membersihkan perabot rumah tangga
  3. Usaha cuci motor
  4. Usaha cuci mobil (karpet, ban, bagian kolong)
Berat per pack : 900 gram/ Busa banyak kental dan tidak panas di tangan dan lembut di tangan. Hasil cucian bersih dan tidak boros air.

Menurut News Okezone.com. Belimbing wuluh yang biasa dijadikan pelengkap sayur asam atau dibuat manisan ternyata bisa disulap menjadi sabun colek yang alami.

Sabun dari belimbing wuluh yang diberi nama Bilimbi Soap ini adalah kreasi lima mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Unpad 2010.

Tim ini terdiri dari Rosmaniar, Dwiwahyuni Hapsari, Rika Revisa Rahmawati, Siti Asih Setianingsih, Afrian Dwi Anggoro, dan seorang dosen pembimbing Dr Rer Nat Suseno Amin.

Berawal dari obrolan iseng, tim ini kemudian mengembangkan ide pembuatan sabun cuci organik dengan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang ada. Belimbing wuluh (Averrhoa bilmbi l) ternyata memiliki ekstrak yang tepat sebagai pembersih noda pada kain.

"Sayangnya, belum banyak orang yang tahu manfaat belimbing wuluh sebagai pembersih noda pada kain," tutur Rosmaniar seperti dikutip dari situs Unpad, rabu (12/5/2010) .

Sabun belimbing wuluh ternyata mudah dibuat. Pertama-tama, belimbing wuluh dipotong kecil-kecil dan dihaluskan menggunakan blender.

Wuluh yang sudah halus tadi kemudian disaring menggunakan kain kasa atau penyaring teh sampai berbentuk cair. Ekstrak wuluh ini kemudian dicampur rata dengan berbagai macam bahan kimia dengan konsentrasi tertentu.

"Penggunaan bahan kimia dimaksudkan untuk memperoleh hasil lebih maksimal. Bahan kimia yang digunakan juga mudah didapat di toko bahan kimia," jelas Ningsih.

Pengembangan Bilimbi Soap masih akan terus dilakukan. Tim masih akan mencari formula paling tepat agar sabun yang dihasilkan stabil. Teknologi yang memadai juga diperlukan untuk pengembangan sabun organik berbahan wuluh ini.

"Kami akan tetap berkonsentrasi dengan penelitian ini dengan harapan masyarakat bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada dan tidak lagi bergantung pada deterjen yang malah merusak lingkungan," harap Rika yang menjabat sebagai ketua tim. Mungkin ini yang dimaksud sabun colek yang ramah lingkungan karena dibuat dari bahat utama belimbing wuluh yang disebut sabun organik tapi di dalam pembuatannya masih ditemukan campuran bahan-bahan kimia lainnya yang mungkin masih belum aman 100 % dan mungkin masih berbahaya karena ada limbahnya.

Jadi memang harus diakui juga jika sabun colek dan bahannya memang kurang ramah lingkungan karena bahan utamanya berupa ABS (alkil benzena sulfanoat) sulit terurai/terdegradasi di alam (sering juga disebut DDBS/dedocyl benzena sulfonat). Membuat sabun colek juga cukup mudah. Biasanya toko-toko kimia sudah menyediakan paket untuk membuat sabun colek kiloan (sekitar Rp.27.000). Membuat sabun colek sendiri banyak sekali manfaatnya. Adapun manfaat membuat sabun colek yang dibuat secara mandiri adalah sebagai berikut: Lebih murah. Dengan modal kira-kira Rp.30.000 anda bisa menghasilkan sabun colek sebanyak 4 Kg seharga Rp.200.000.Kekentalan dan wangi sabun dapat diatur sekehendak hati Peluang untuk membuka usaha home industry. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sabun colek cream dari bahan kimia yang banyak busanya dan kental yang dilengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk pakai sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis sabun colek kualitas ekonomi.

RESEP SABUN COLEK


Resep By : Rofa YuliaAzhar

BAHAN :
  • 15 gram NaOH (Soda api) (untuk menghilangkan sifat asam dari ABS)
  • 200 gram ABS/DDBS (berfungsi sebagai surfaktan yang menghilangkan noda. Alternatif lain bisa juga menggunakan LABS (linear alkil benzena sulfanoat))
  • 1,5 l air (sebagai pelarut)
  • 50 gram STTP (mempercepat proses penguraian limbah sabun colek. STTP bukan bahan primer dalam pembuatan sabun colek)
  • 50 gram Soda ASH/soda abu (nama ilmuahnya Natrium Carbonat berfungsi memaksimalkan kerja ABS)
  • 15 gram OBA (berfungsi sebagai pemutih. OBA bukan bahan primer dalam pembuatan sabun colek)
  • 25 gram CMC (nama ilmiahnya carboxymethyl cellulose berfungsi sebagai pengental. Sering juga digunakan sebagai pengental pada sirup/jus. CMC bisa diganti juga dengan garam dapur/NaCl secukupnya tergantung kekentalan sabun colek yang akan kita buat)
  • 100 gram Water glass/Silikat (berfungsi sebagai pengikat material dalam sabun colek. penggunaan silikat juga akan memberikan kesan berkilau pada sabun colek, bahan ini sangat mudah beku, jadi bila tidak dipakai, sebaiknya bahan ini di simpan dengan tutup yang rapat) Tepung sagu atau tapioka secukupnya (berfungsi sebagai pengisi atau penambah volume agar sabun colek yang dihasilkan menjadi banyak/tujuan komersil, tapi jangan terlalu banyak karena dapat mengurangi kualitas sabun colek yang dihasilkan. Alternatif lain yang lebih baik untuk cara memperbanyak sabun colek bisa menggunakan kaolin)
  • Pewarna secukupnya (untuk memberi warna), biasanya warna kuning, biru seperti wings biru, hijau muda, merk-merk sabun colek lainnya yang beredar dipasaran, B29, OMO, Agung warna putih, merk ponsel, sunlight 2 in 1, selendang kemasan gelas, sabun colek Daia, repertoar, Sabun Colek Jelly Cream Serbaguna Perkasa Murah Meriah. Bisa digunakan untuk mencuci piring dan pakaian, dangdut wangi jeruk, PKS Lemon, sabun colek Cemerlang, sabun colek batangan, dll
  • Parfum secukupnya (untuk memberi wangi)
PERALATAN :
  • 2 buah wadah/ember
  • 2 buah pengaduk
  • 1 pasang sarung tangan untuk perlindungan
  • Kemasan/botol atau plastik sachet, ember plastik secukupnya
CARA MEMBUAT SABUN COLEK :
  1. Masukkan soda api dalam 1,5 liter air bersih hangat dilarutkan dan diaduk merata dalam ember plastik 1.
  2. Masukkan STTP sedikit demi sedikit kedalam ember 1 tersebut diaduk merata. Masukkan soda ASH dan OBA sedikit-sedikit dan dilarutkan.
  3. Ember 2 masukkan ABS/LABS dan CMC/NaCl diaduk hingga merata
  4. Larutan ember 1 dimasukkan kedalam ember 2 diaduk hingga merata
  5. Pewarna, pewangi dan water glass dimasukkan kedalam campuran di atas.
  6. Jadilah sabun siap pakai
CATATAN :
  • CMC lebih baik daripada NaCl karena kandungan garam pada sabun colek dapat merusak barang-barang yang terbuat dari besi.
  • Pada resep di atas anda dapat menyesuaikan takaran sesuai dengan keinginan, terutama untuk tujuan komersil. Hal yang patut diperhatikan adalah:
  • Kadar air sebaiknya tidak lebih dari 33.% , bila lebih mungkin akan terjadi keenceran.
  • ABS sebaiknya jangan kurang dari 9%. bila lebih akan menyebabkan sabun colek jadi kasar dan busanya sedikit.
  • Garam sebaiknya jangan lebih dari 7%. kelebihan garam juga bisa meyebabkan sabun colek jadi kasar.
  • Soda ASH sebaiknya tidak lebih dari 7% karena akan menimbulkan rasa panas di tangan saat sabun colek digunakan untuk mencuci.


Demikianlah Resep Artikel CARA MEMBUAT SABUN COLEK SERBA GUNA SENDIRI

Sekianlah artikel CARA MEMBUAT SABUN COLEK SERBA GUNA SENDIRI kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan resep artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel CARA MEMBUAT SABUN COLEK SERBA GUNA SENDIRI dengan alamat link https://www.lezatto.eu.org/2021/02/cara-membuat-sabun-colek-serba-guna.html

Resep masakan indonesia ala rumahan yang mudah dan yang pasti enak dari komunitas memasak terbesar dunia! terdapat berbagai macam resep masakan dan minuman yang patut kalian coba dan buktikan rasanya