Cara Membuat Lontong Yang Empuk, Pulen Dan Berwarna Hijau Cantik

Cara Membuat Lontong Yang Empuk, Pulen Dan Berwarna Hijau Cantik Resep Serba Lezatt, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat Lontong Yang Empuk, Pulen Dan Berwarna Hijau Cantik, kami telah mempersiapkan artikel Resep ini dengan sangat baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan resep postingan Artikel Aneka Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuat Lontong Yang Empuk, Pulen Dan Berwarna Hijau Cantik
link : Cara Membuat Lontong Yang Empuk, Pulen Dan Berwarna Hijau Cantik

Baca juga


Cara Membuat Lontong Yang Empuk, Pulen Dan Berwarna Hijau Cantik

Cara Membuat Lontong Yang Empuk, Pulen Dan Berwarna Hijau Cantik


Halo sahabat. Lontong merupakan makanan khas indonesia yang terbuat dari  beras yang dikukus dengan daun pisang selama beberapa jam, sehingga menbuat tekstur nasi mengkel dan kenyal. Lontong biasanya dipadikan dengan, sayur godok, opor , sate. Ketoprak dan yang lainnya. Dalam pembuatan lontong memang kelihatan mudah, namun kita harus memperhatikan takaran dan bahan bahan yang bagus supaya lontong empuk, kenyal dan berwarna bagus.

Nah, kali ini, bunda tidak perlu bingung lagi. Kumpulan Resep sudah merangkum 7 langkah penting yang perlu dilakukan untuk membuat lontong empuk dan berwarna hijau cantik. Apa saja langkahnya?  Berikut langkah langkahnya :


1. Gunakan jenis beras yang pulen dan cuci hingga bersih

Lontong yang enak pasti dibuat dengan beras berkualitas. Pilihlah jenis beras yang memang sudah dikenal bertekstur pulen, seperti rojolele, pandan wangi, dan mentik spesial. Menggunakan beras yang pulen nantinya akan menghasilkan lontong yang tidak hanya enak tapi juga empuk.
Sebelum digunakan, beras ini harus dicuci terlebih dulu hingga bersih. Bunda bisa mencucinya 4-6 kali untuk menghasilkan lontong yang lebih awet.


2. Tambahkan air kapur sirih

Beras yang sudah dicuci bersih kemudian ditambahkan sedikit air kapur sirih dan didiamkan sekitar 30 menit. Perbandingannya 1:1. Jadi, untuk 1 kg beras, maka cukup tambahkan 1 sdm air kapur sirih. Penambahan air kapur sirih ini akan membantu beras untuk lebih pulen dan melekat satu sama lain.


3. Pilih daun pisang batu

Daun pisang batu adalah pilihan yang terbaik untuk membungkus lontong. Warnanya hijau tua, lembut, wangi, dan memiliki lebar yang pas. Daun pisang lain biasanya lebih keras, sehingga rawan sobek ketika digulung.
Jemur daun pisang batu terlebih dulu sebelum dipakai supaya lebih lentur. Kira-kira selama 5 menit. Setelah itu, potong-potong sesuai ukuran yang dibutuhkan dan lap hingga bersih.


4. Gunakan 2 lembar daun pisang

Untuk membungkus lontong, anda perlu menyiapkan 2 lembar daun pisang yang ditumpuk; 1 lembar untuk bagian luar dan 1 lembar untuk bagian dalam. Daun pisang yang di bagian dalam diletakkan secara terbalik, yakni sisi yang licin menghadap ke atas. Sisi licin ini nanti akan bersentuhan dengan beras dan memberikan warna hijau natural pada lontong.


5. Isi beras hingga setengahnya saja; gulung rapi dan padat

Saat direbus nanti, beras di dalam bungkus lontong akan mengembang. Untuk itu, jangan isi bungkus lontong sampai penuh. Cukup hingga setengahnya tinggi bungkus saja.

Setelah diisi, rapikan dan padatkan gulungan daun pisang hingga tidak ada ruang kosong. Lalu, semat kedua ujungnya dengan rapat menggunakan lidi kecil yang runcing atau tusuk gigi.


6. Rebus dalam posisi berdiri dan terendam air selama 4-5 jam

Proses merebus lontong adalah salah satu tahap terpenting. Saat akan direbus, tata lontong dalam posisi berdiri atau vertikal supaya bentuknya tidak saling tindih dan kemudian hancur. Setelah itu, tuangkan air ke panci rebusan hingga merendam seluruh badan lontong. Ini bertujuan supaya lontong dapat matang dengan merata dan sempurna. Rebus lontong selama 4-5 jam. Jika menggunakan pressure cooker atau panci presto , lontong bisa lebih cepat matang, yakni sekitar 1 jam saja.


7. Tiriskan lontong hingga dingin sebelum disantap

Ketika sudah matang, angkat lontong dari panci rebusan dengan perlahan supaya bentuknya tidak berubah. Tapi jangan langsung dimakan, ya. Lontong ini perlu untuk ditiriskan terlebih dahulu hingga dingin. Saat ditiriskan, posisi lontong juga harus tetap berdiri seperti waktu direbus supaya seluruh air yang tersisa mengalir ke bawah. Kalau seluruh bagian sudah dingin, baru deh lontong siap untuk disantap.

Nah, itulah 7 langkah penting yang perlu anda perhatikan ketika akan memasak lontong. Kalau semua langkah dilakukan dengan baik, lontong yang enak, empuk, dan berwarna hijau bisa tersaji cantik .


Demikianlah Resep Artikel Cara Membuat Lontong Yang Empuk, Pulen Dan Berwarna Hijau Cantik

Sekianlah artikel Cara Membuat Lontong Yang Empuk, Pulen Dan Berwarna Hijau Cantik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan resep artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Lontong Yang Empuk, Pulen Dan Berwarna Hijau Cantik dengan alamat link https://www.lezatto.eu.org/2020/01/cara-membuat-lontong-yang-empuk-pulen.html

Resep masakan indonesia ala rumahan yang mudah dan yang pasti enak dari komunitas memasak terbesar dunia! terdapat berbagai macam resep masakan dan minuman yang patut kalian coba dan buktikan rasanya