Apa Itu Bakso ? Sejarah Ditemukannya dan Asal Nama Bakso

Apa Itu Bakso ? Sejarah Ditemukannya dan Asal Nama Bakso Resep Serba Lezatt, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa Itu Bakso ? Sejarah Ditemukannya dan Asal Nama Bakso, kami telah mempersiapkan artikel Resep ini dengan sangat baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan resep postingan Artikel Artikel Masakan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa Itu Bakso ? Sejarah Ditemukannya dan Asal Nama Bakso
link : Apa Itu Bakso ? Sejarah Ditemukannya dan Asal Nama Bakso

Baca juga


Apa Itu Bakso ? Sejarah Ditemukannya dan Asal Nama Bakso

Foto Bakso
Foto by Mimi


Sahabat kumpulan resep makanan bakso hampir setiap orang menyukainya. Makanan yang bisa dibilang sudah merakyat ini dapat kita jumpai hampir dimanan saja. Untuk variasinya pun kini sudah cukup banyak dan dipadukan dengan berbagai bahan lainnya. Bahkan bakso saat ini di jadikan ikon maskanan asli Indonesia,. Tapi tahukah anda dari mana asal bakso dan sejarahnya masuk ke Indonesia? 

Apa Itu Bakso ?


Bakso menurut wikipedia adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia.Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.
Sedangkan menuruk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bakso adalah makanan terbuat dari daging, udang, ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat

Sejarah Ditemukannya Bakso


Pada awal abad ke-17 akhir dinasti Ming di Fuzhou, China.  Seorang anak yang bernama Meng Bo. Meng Bo terkenal sebagai anak yang baik dan berbakti kepada ibunya. Hingga suatu hari, ibunya yang mulai tua tak dapat memakan daging sebab giginya sudah mulai tidak dapat makan makanan yang sifatnya keras, seperti daging. Padahal daging adalah makanan kesukaan ibunya. Sebab itulah, Meng Bo berinisiatif membantu agar ibunya dapat makan daging yang menjadi kesukaannya. Meng Bo memikirkan bagaimana caranya mengolah daging yang keras agar dapat dimakan oleh ibunya.

Hingga suatu ketika, Meng Bo melihat tetangganya menumbuk beras ketan untuk dijadikan kue mochi. Melihat hal itu, Meng Bo langsung pergi ke dapur dan mengolah daging seperti cara tetangganya membuat olahan kue mochi. Setelah daging empuk, Meng Bo membentuknya seperti bulatan bulatan kecil agar ibunya mudah untuk memakannya, dari aroma rebusan olahan daging itu tercium aroma yang sangat lezat. Sehingga Ibunya penasaran dengan aroma kaldu daging yang dibuat oleh Meng Bo itu dan ingin mencicipi makanan yang memiliki aroma sedap itu.

Setelah olahan daging matang, Meng Bo menyajikan olahan tersebut kepada ibunya. Sang ibu merasa gembira sebab tak hanya lezat namun adonan tersebut mudah untuk dimakan olehnya. Tak hanya sang ibu, Meng Bo pun merasa senang sebab sang ibu tercinta dapat merasakan makan daging kembali. Dan kini mereka sering memasak dan memakan bakso sebagai makanan utama mereka. Kemudian olahan daging juga dibagi-bagikan ke tetangga, dan mereka menyanyakan resep cara dan resep membuat olahan daging tersebut. Maka mereka menjadikan olahan itu sebagai menu baru nereka.

Sejarah Bakso Masuk Di Indonesia


Bakso yang kita kenal saat ini diperkenalkan oleh para pedagang china yang menetap di Indonesia namun tidak tahu tepatnya kapan.  Sejarah bakso di Indonesia mengalami perubahan pada resep asli dimana penggunaan daging babi yang memang tidak familiar di Indonesia. Sehingga pedagang tersebut menggantinya dengan daging sapi, begitu juga dengan bumbu menggunakan rempah-rempah yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Walau tak mirip dengan resep asli, namun daging bakso yang empuk tetap menjadi ciri khas masakan ini.

Asal-Usul Nama Bakso


Asal nama bakso terdiri dari dua suku kata yakni Bak dan So. Bak berarti Daging babi dan So yang berarti kuah. Sehingga dapat diartikan kuah dengan daging babi. Di dataran China, daging babi sudah biasa di kalangan penduduk. Namun, saat memasuki kawasan Indonesia, daging babi diganti dengan daging lainnya seperti daging sapi, ayam, dan ikan (seafood). Ada pula dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah Bak-So berarti �daging giling�.

Untuk jenis dan varian bakso saat ini memang sudah berbeda dari resep aslinya. Bakso sudah banyak di modifikasi mulai dari rasa bentuk dan isiannya, tapi tetepa favorit dehh. Itulah sedikit pengetauhuan tentang bakso yang menjadi favorit makanan kita. Semoga bermanfaat


Demikianlah Resep Artikel Apa Itu Bakso ? Sejarah Ditemukannya dan Asal Nama Bakso

Sekianlah artikel Apa Itu Bakso ? Sejarah Ditemukannya dan Asal Nama Bakso kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan resep artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apa Itu Bakso ? Sejarah Ditemukannya dan Asal Nama Bakso dengan alamat link https://www.lezatto.eu.org/2020/01/apa-itu-bakso-sejarah-ditemukannya-dan.html

Resep masakan indonesia ala rumahan yang mudah dan yang pasti enak dari komunitas memasak terbesar dunia! terdapat berbagai macam resep masakan dan minuman yang patut kalian coba dan buktikan rasanya