Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Minyak Zaitun

Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Minyak Zaitun Resep Serba Lezatt, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Minyak Zaitun, kami telah mempersiapkan artikel Resep ini dengan sangat baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan resep postingan Artikel Aneka Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Minyak Zaitun
link : Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Minyak Zaitun

Baca juga


Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Minyak Zaitun

Resep - Bagi penyuka masakan khas timur tengah pastinya tidak jauh-jauh dengan bahan yang namanya minyak zaitun atau sering disebut olive oil. Minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea Europaea), merupakan pohon tradisional dari daerah Basin Mediterania. Minyak yang terkenal banyak manfaatnya ini memang agak mahal dari minyak biasa karena mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi (asam oleik dan pelifenol) yang baik untuk tubuh.

Dikarenakan harganya yang lumayan mahal ini kemudian ada beberapa oknum yang mencoba memalsukannya demi mendapatkan keuntungan berlipat tanpa memperhatikan efek samping dari pemalsuanya. Untuk itu kita wajib hati-hati dan wsapada saat membelinya.  Dan berikut ini kami berikan beberapa cara untuk menguji keaslian minyak zaitun.
Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Minyak Zaitun
Minyak Zaitun

Dapat dilihat dari warnanya

Di pasaran biasanya minyak zaitun ada 3 jenis yang pertama minyak zaitun sulingan warnanya kekuningan cocok untuk menumis. Yang kedua minyak zaitun murni berwarna hijau kekuningan. Yang ketiga minyak zaitun extra virgin berwarna kehijauan.

Dengan cara mencicipinya

Minum sedikit minyak zaitun sambil menghirup baunya, atau seperti menyeruput, rasakan tekstur dan rasa minyak zaitun saat berada di dalam mulut, minyak zaitun yang asli akan terasa lebih pahit, dan agak pedas, serta memiliki tekstur seperti mengandung biji bunga matahari.

Dengan cara membaunya

Tarik napas dalam-dalam di bagian atas gelas dan hirup aroma dari minyak zaitun, minyak zaitun yang asli memiliki aroma yang cukup menyengat, namun terkadang agak sulit untuk membedakannya karena memiliki aroma seperti seperti minyak sayur, tujuan melakukan proses ini adalah untuk mengemulsi minyak.

Dengan cara mengaduk

Siapkan satu sendok makan minyak zaitun lalu tuangkan pada gelas kaca, hangatkan minyak zaitun dengan cara menutup bagian atas gelas dengan telapak tangan, sedangkan tangan yang lain memegang bagian bawah gelas. Selanjutnya goyang-goyangkan gelas seperti sedang mengaduk, hal ini di lakukan untuk melepaskan ester pada minyak zaitun.

Dengan cara menelanya 

Setelah merasakan rasa dan tekstur minyak zaitun, tahap selanjutnya adalah menelannya, minyak zaitun yang asli tidak akan meninggalkan rasa di mulut melainkan di belakang tenggorokan.

Dengan cara mengosok

Letakkan satu sendok kecil minyak zaitun di telapak tangan, kemudian gosok dengan kedua tangan selama 1 menit, setelah itu ciumlah aroma minyak zaitun. Jika anda merasakan panas dan mencium aroma yang kuat di tangan berarti minyak zaitun itu asli.


Dari beberapa tips diatas kita dapat mengetahui keaslian minyak zaitun yang kita beli. Silahkan praktekan cara mana yang menurut anda paling mudah. 

Semoga Bermanfaat...


Demikianlah Resep Artikel Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Minyak Zaitun

Sekianlah artikel Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Minyak Zaitun kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan resep artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Minyak Zaitun dengan alamat link https://www.lezatto.eu.org/2016/01/bagaimana-cara-mengetahui-keaslian.html

Resep masakan indonesia ala rumahan yang mudah dan yang pasti enak dari komunitas memasak terbesar dunia! terdapat berbagai macam resep masakan dan minuman yang patut kalian coba dan buktikan rasanya