Cara Membuat Kue Dorayaki Ala Doraemon

Cara Membuat Kue Dorayaki Ala Doraemon Resep Serba Lezatt, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat Kue Dorayaki Ala Doraemon, kami telah mempersiapkan artikel Resep ini dengan sangat baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan resep postingan Artikel Resep Kue, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuat Kue Dorayaki Ala Doraemon
link : Cara Membuat Kue Dorayaki Ala Doraemon

Baca juga


Cara Membuat Kue Dorayaki Ala Doraemon

Cara Membuat Kue Dorayaki - Dorayaki adalah salah satu makanan khas Jepang yang terkenal menjadi kue kesukaan tokoh film kartun yaitu Doraemon. Bagi pecinta anime di Indonesia pasti sudah mengenal Dorayaki, kue kesukaan Doraemon ini ternyata mempunyai sejarah yang menarik.

Konon katanya, pada dahulu kala Dorayaki diciptakan oleh seorang pendekar bernama Saito Musashibo Benkei. Benkei adalah seorang biksu di Gunung Hiei. Ketika kalah dalam berduel, ia menderita luka dan harus dirawat di rumah penduduk. Setelah sembuh Benkei memanggang adonan dari campuran air dan tepung di atas gong (kabarnya Dorayaki dinamakan karena bentuknya seperti gong atau Dora dalam bahasa Jepang). Selesai memanggang adonan, Benkei memberikan kue bundar berisi selai kacang tersebut kepada penduduk yang telah merawatnya.

Pada awal pembuatannya Dorayaki hanya terdiri dari satu lembar kue bundar dengan pinggiran yang dilipat sedikit sehingga berbentuk segi empat, namun skarang berubah menjadi dua lembar dan berbentuk bundar. Pada tahun 1914, Dorayaki diperkenalkan oleh perusahaan kue Usagiya dan menjadi populer di seluruh Jepang. Di Indonesia Dorayaki juga dikenal dengan sebutan Obanyaki dan rasanya sudah disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia.

Di Indonesia juga ada makanan asli Khas Indonesia yang menyerupai Dorayaki nya Doraemon namanya Kue Kamir. Isi dari Kue Dorayaki aslinya adalah kacang merah, sedangkan Kamir isinya adalah Coklat, namun berjalanna waktu manusia semakin kreatif, sehingga mampu menciptakanKue Dorayaki dengan berbagai varian rasa. 

Bagi anda yang memiliki anak kurang suka makan tapi doyan jajan sembarangan, kami memiliki solusi yang jitu untuk menghadapinya yaitu dengan membuat Kue Dorayaki. Dari wujud Kue Dorayaki terlihat sangat empuk dan lembut apalagi kalau atasnya dihias dengan berbagai gambar atau hiasan lainnya agar terlihat cantik dan lebih menggoda, kemudian isi Kue Dorayaki dapat disesuaikan dengan selera kita. 

Di Indonesia sudah mulai menjamur para pedagang Kue Dorayaki karena prospeknya dianggap cukup menggiurkan dan banyak masyarakat yang suka Kue ini. Namun harganya juga terbilang cukup mahal karena dengan sebuah Kue Dorayaki anda harus mengeluarkan uang 7.500 rupiah. 

Dari pada membeli Kue Dorayaki dengan harga yang cukup memboroskan dan kita juga suka banget sama Kue ini, mendingan ayo belajar Membuat Kue Dorayaki sendiri di rumah. Hasil buatan sendiri pasti lebih puas rasanya dan lebih puas makannya. 

Setelah kita berbagi resep minuman yang segar yaitu Cara Membuat Es Doger Asli Bandung, kali ini kami akan menyajikan resep pelengkapnya yaitu Cara Membuat Kue Dorayaki Ala Doraemon. Kenikmatan Kue Dorayaki ditemani segarnya Es Doger tentu sangat menggiurkan. 

Hanya di zonamakan.blogspot.com akan kami sajikan resep lengkap segala makanan dan minuman dari segala penjuru dunia. Simak baik-baik resep yang akan kami sajikan kali ini untuk anda, pastikan bahan dan alat sudah anda siapkan dengan lengkap sebelum memulai memasak. Berikut adalah Cara Membuat Kue Dorayaki yang lembut dan leza kesukaan Doraemon.

Cara Membuat Kue Dorayaki
Cara Membuat Kue Dorayaki

Bahan Membuat Kue Dorayaki :

  1. Seperti membuat martabak, bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung terigu yang mempunyai kadar protei sedang. Siapkan kurang lebih sebanyak 150 gram tepung halusnya.
  2. Garam dapur beryodium sebanyak setengah sendok kecil atau sendok teh.
  3. Margarin secukupnya untuk olesan kue dorayakinya.
  4. Gula pasir putih sebanyak kurang lebih tiga sendok makan.
  5. Susu cair kurang lebih sebanyak 175 ml.
  6. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 2 pcs.
  7. Mentega tawar kurang lebih sebanyak 35-40 gram. Lelehkan mentega sampai cair.
  8. Baking powder kurang lebih sebanyak satu sendok teh.
  9. Bahan isi kacang merah adalah kacang merah kering kurang lebih sebanyak 50 gram (rendam dulu dengan air kurang lebih selama 2-3 jam supaya lebih empuk kemudian tiriskan), gula pasir putih sebanyak 35-40 gram dan susu cair sebanyak 75 ml.
  10. Bahan isian untuk versi keju adalah 50 gram keju parut dan susu kental manis secukupnya, bisa ditambahkan kacang sangrai matang yang sudah dipotong kecil kecil dan coklat butir.

Cara Membuat Dorayaki :

  1. Langka pertama yang harus kita lakukan adalah membuat rotinya dulu. Ambil satu wadah untuk tempat adonan utama.
  2. Masukkan 150 gram tepung terigu protein sedangnya, baking powder, gula pasir putih dan garamnya. Aduk dan campur semua bahan sampai benar benar tercampur rata.
  3. Masukkan mentega tawar yang sudah dilelehkan dan tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan utama. Lakukan sambil diaduk sampai rata dan semua mentega cair habis.
  4. Ambil wadah lagi untuk mengkocok telurnya. Pecahkan telur yang sudah disiapkan dan kocok sebentar. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan utama sambil tetap diaduk sampai tercampur rata.
  5. Masukkan susu cair ke dalam adonan utama sampai habis. Seperti memasukkan mentega, susu dimasukkan sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk sampai rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  6. Siapkan cetakannya dan panaskan dengan api sedang kecil. Jangan lupa olesi permukaan cetakan dengan sedikit margarin supaya tidak lengket.
  7. Masukkan adonan secukupnya sampai cetakan terendam kurang lebih 3/4 bagian. Masak sampai bagian bawah matang berwarna agak kecoklatan. Tidak perlu dibalik. Ulangi semua sampai adonan habis.
  8. Ambil dua bagian dorayaki yang sudah matang. Beri satu bagian dengan keju parutan, coklat, butiran coklat dan bahan lain kemudian beri sedikt siraman susu kental manis. Tutup dengan dorayaki satunya dan tekan agak kuat sampai menempel. Disini sebenarnya tidak perlu dimasak lagi, tetapi kalau perlu kue dorayaki bisa dimasak sebentar saja.
  9. Untuk membuat isian kacang merah caranya adalah rebus kacang merah yang sudah direndam sampai matang. Tiriskan kemudian haluskan. Masak lagi ditambah dengan gula pasir yang sudah disiapkan dan masukkan susu cair. Aduk aduk sampai mengental.
Resep lengkap yang sederhana dan praktis serta rasa juga enak, tentu akan menyenangkan bagi para ibu yang gemar memasak maupun tidak. Demikian Resep dan Cara Membuat Kue Dorayaki ala Doraemon. Selanjutnya tetap di zonamakan akan kami sajikan resep lengkap dan enak lainnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat


    Demikianlah Resep Artikel Cara Membuat Kue Dorayaki Ala Doraemon

    Sekianlah artikel Cara Membuat Kue Dorayaki Ala Doraemon kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan resep artikel lainnya.

    Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Kue Dorayaki Ala Doraemon dengan alamat link https://www.lezatto.eu.org/2014/12/cara-membuat-kue-dorayaki-ala-doraemon.html

    Resep masakan indonesia ala rumahan yang mudah dan yang pasti enak dari komunitas memasak terbesar dunia! terdapat berbagai macam resep masakan dan minuman yang patut kalian coba dan buktikan rasanya